Rasa-rasanya hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal istilah sosial media. Penggunaan dan perkembangan sosial media terus berkembang hingga saat ini. Sejalan dengan mudahnya akses internet bagi banyak orang, internet of things (IoTs), dan faktor-faktor lainnya.
Pengertian Sosial media
Sosial media adalah teknologi berbasis komputer yang memfasilitasi dan mempermudah penggunanya dalam berekpresi, berinteraksi, dan mendapatkan informasi secara online (daring).
Dalam penggunaannya memudahkan seseorang untuk membagikan idenya, karya-karyanya, pikirannya, melalui komunitas yang terbangun secara online. Sosial media mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi, dengan bantuan internet dan perangkat seperti komputer ataupun smartphone untuk mengaksesnya.
Fitur Umum Sosial Media
Saat ini banyak sekali jenis dari media sosial yang bisa kamu temukan. Fiturnya dan tujuan penggunaannya yang berbeda membuat sulit bagi para ahli mendefiniskan sosial media itu sendiri. Namun ada beberapa fitur yang sama dari banyaknya jenis sosial media tersebut. Apa saja fiturnya, langsung saja kita bahas.
Interactive Web 2.0
Fitur umum setiap media sosila yang pertama adalah penggunaan teknologi interactive web 2.0. Ini memungkinkan kita melakukan interaksi dua arah dengan orang lain. Berbeda dengan pendahulunya web 1.0 dimana seseorang hanya sebagai penonton pasif saja.
User Generated Contents (UGC)
User generated contents (UGC) atau user created contents (UCC) adalah fitur umum kedua dimana setiap konten atau objek interaksinya berupa komen, foto digital, video, yang di unggah secara online yang bisa dilakukan oleh semua orang.
User Create Service (UCS)
Sederhananya adalah website atau aplikasi sebagai wadah atau platform yang memungkinkan terjadinya interaksi secara online dengan fitur-fitur diatas.
Social Network
Pembangunan jaringan sosial secara online dengan fitur diatas. Umumnya dengan menghubungkan setiap penggunananya dengan pengguna lainnya.
Top sosial media 2019
Berikut adalah peringkat sosial media per januari 2019 berdasarkan banyaknya jumlah user (pengguna).
1.Facebook
acebook yang ditemukan oleh Mark Zuckerberg dkk, yang sebelumnya diberi nama “facemash” pada 2003 masih menduduki peringkat pertama dengan estimasi pengguna sebanyak 2,3 milyar pengguna aktif di seluruh dunia.
Menurut data yang dihimpun dari statistika Indonesia menempati urutan ke-3 sebagai pengguna facebook, dengan jumlah pengguna aktif mencapai 130 juta pengguna.
2.Whatsapp
WhatssApp adalah aplikasi yang menggunakan cross-platform-messaging dan Voice Over Internet Protocol (VoIP) yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan berbentuk teks ataupun suara. Saat ini WhatsApp juga memiliki fitur yang memungkinkan seseorang mengirimkan gambar, video, dokumen, ataupun lokasi.
Saat ini ada 1,5 milyar pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri 40 persen menggunakan aplikasi ini dalam berkomunikasi sehari-hari.
WhatsApp dalam menawaran jasanya, tidak menuntut bayaran kepada penggunananya alias gratis. Aplikasi jenis ini dikenal dengan istilah Freeware. WhatsApp didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton pada tahun 2009 dan dibeli oleh facebook seharga 19 miliar US-dollar pada 19 februari 2014.
3.Youtube
Website yang memfokuskan video-sharing dalam penggunaannya menduduki peringkat ke-2 dengan jumlah user mencapai 1,9 milyar pengguna aktif diseluruh dunia. Youtube sendiri diciptakan oleh tiga sekawan Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karem pada tahun 2005.
Pengguna yang terdaftar mendapatkan akses untuk mengupload video atau karyanya tanpa ada batasan jumlah. Saat ini youtube menjadi media alternatif bagi banyak orang dalam mencari hiburan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan youtube untuk berkarir dan berkarya lho.
4.Instagram
instagram adalah sosial media dengan fitur foto dan video sharing yang dimiliki oleh facebook. Penciptanya adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger. Instagram diluncurkan pada oktober 2010 dan saat ini memiliki pengguna aktif sebanyak 1 milyar pengguna.
Dampak Sosial Media
Seperti yang kita sudah ketahui diskusi tentang penggunaan sosial media banyak menuai pro dan kontra. Untuk mengetahui apa saja dampaknnya langsung saja kita bahas pada pembahasan berikut.
-Disparitas
Menurut KBBI disparitas adalah perbedaan jarak yang secara umum bisa kita artikan sebagai kesenjangan. Kesenjangan yang dimaksud disini adalah kesenjagan seseorang untuk mendapatkan informasi.
Orang yang tinggal di daerah terpencil, orang miskin, dan orang dalam usia senja akan memiliki kesulitan untuk mengakses informasi dari internet. Hal tersebut busa terjadi karena tidak adanya akses internet, tidak memiliki perangkat pendukung seperti smartphone, dan ketidak mampuan menggunakan teknologi yang ada bagi para lansia.
Ketimpangan dalam kemudahan akses informasi ini juga dapat terjadi dalam dunia pendidikan kita. Misal sekolah yang mampu mengadopsi teknologi dalam kurikulum mengajarnya akan memiliki akses informasi dan kemudahan belajar yang lebih dibandingkan sekolah konvensional.
-Kesehatan Fisik dan Mental
Media sosial dapat berdampak negatif terhadapa kesehatan seseorang, baik kesehatan fisiknya ataupun kesehatan mentalnya. Hal ini disebabkan oleh masalah yang disebut dengan Information Overload, dimana seseorang mendapatkan informasi yang sangat banyak dan tidak mampu lagi untuk memprosesnya.
Masalah seperti cyber-bullying dan “trolling” merupakan salah satu masalah sosial yang nyata dan tejadi saat ini. Masalah tersebut dapat membuat korbanya mengalami depresi, dan dapat berujung kepada hal ekstrim lainnya.
-New Narcism
Salah satu sisi gelap dari media sosial adalah lahirnya narsisme jenis baru. Tidak banyak orang yang mengorbankan hal penting hanya untuk mendapatkan “pengakuan” secara online.
Kesimpulan dari saya pribadi : Banyak hal yang kita bisa dapat dari sosisal media tapi banyak juga hal negatif yang bisa ditimbulkan dalam penggunaannya. Setelah membaca artikel ini semoga kita semakin bijak dalam menggunakan sosial media yah.
Komentar
Posting Komentar